Terlilit Hutang Sampai 40 Pinjol, Bagaimana Ceritanya..???

Masih banyak masyarakat yang gelap mata karena kemudian mendapatkan pinjaman dari pinjaman online (pinjol). Hal ini malah dimanfaatkan sebagi sarana untuk berhutang sebanyak-banyaknya di startup ini.

Alhasil, banyak yang terlilit utang dan harus menghadapi penagih utang pinjol. sekma gali lubang, tutup lubang ini malah menjadi malapetaka bagi peminjam. salah satunya yang ditemukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini dimana ada seorang yang pinjam dana di 40 lebih pinjol dalam satu minggu.

Bahkan kami menemukan beberapa kasus seorang konsumen meminjam lebih dari 40 fintech dalam satu minggu, " ujar Anggota Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara seperti dikutip dari youtube infobanktv.

Hal ini ditemuksn OJK setelah adanya yang mengadu ke OJK merasa dirugukan setelah pinjam ke fintech dan mengaku tak bisa bayar kemudian minta bantuan OJK agar dicarikan solusinya.

Tirta mengungkapkan memang meminjam di pinjol sangat mudah. tinggal sentuh dengan ujung jari serta tanpa syarat yang memberatkan. pinjaman juga bisa cair dengan cepat dan kapan saja.

Namun ini bisa menjadi jebakan dan merugikan masyarakat jika meminjam di luar kemampuan peminjam. Hali ini membuat peminjam terlilit utang dan tidak mampu mengembalikan pinjaman yang membuat peminjam berhadapan dengan debt collector atau penagih pinjaman.

Jadi kami menyimpulkan bahwa ada perilaku sekelompok masyarakat yang kurang bijak dalam meminjam di pinjol. mereka meminjam di luar batas kemampuan mereka" jelas tirta segara.

Patut diingat, kemudahan meminjam di pinjol diganjar dengan bunga yang tinggi. berdasarkan kesepakatan para pinjol terdaftar dan berizin OJK, bunga pinjol dipatok maksimal 0,4 perhari. jika satu bulan 30 hari maka bunga pinjaman pinjol mencapai 12%.

Hal ini berbeda dengan bunga kredit perbankan yang memberikan bunga kredit 24% kepada peminjam dalam satu tahun. Namun peminjam harus memenuhi berbagai persyaratan yang banyak agar pinjaman disetujui.

Oleh sebab itu, mereka yang meinjam di pinjol harus memikirkan resiko dan kemampuan membayar cicilan agar tidak terjebak dalam kasus terlilit hutang pinjol.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama