Tangki Pertamina di Kilang Cilacap Terbakar, Penyebab Belum Diketahui



Sekretaris Perusahaan Subholding Refining dan Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya benarkan kebakaran di salah satunya bak di tempat Kilang Cilacap, Jawa tengah. "Diprediksi peristiwa sekitaran jam 19.30 WIB dan pemicu kebakaran belumlah diketahui," katanya saat dikontak, Sabtu malam, 13 November 2021.


Sekarang ini, kata Ifki, team pemadam kebakaran Pertamina tengah berusaha optimal untuk lakukan pemadaman di tempat tanki yang alami kebakaran itu.


Secara paralel, Pertamina sekarang sedang memeriksa warga disekitaran tempat peristiwa kebakaran. Hal itu untuk pastikan warga pada keadaan aman.


"Kami akan selekasnya up-date progress usaha pemadaman yang berjalan," papar Ifki.


Awalnya beberapa video pendek yang menunjukkan kebakaran terjadi di kompleks kilang Pertamina Cilacap trending tersebar di sosial media. Salah satunya netizen membagi video pendek memiliki durasi 13 detik melalui account Twitter @afriqh_s. "Pertamina cilacap tersambar petir 3.6," tulisnya.


Ada pula video pendek dengan angle berlainan yang dibagi oleh @HenryKrijgsman. "Barusan ada peristiwa bak minyak meletus di Pertamina Cilacap, menurut masyarakat sekitaran pemicunya karena tersambar petir," cuitnya.


Kebakaran bak di Kilang Cilacap bukan ini kali terjadi. Pada Juni lalu, salah satunya bak yang berisi benzene punya PT Pertamina terbakar di situ.


Saat itu, Pertamina pastikan masyarakat yang tinggal di daerah Kilang Cilacap tidak terimbas kebakaran. Kebakaran terjadi di salah satunya tempat bak penyimpanan yang titiknya ada dalam kompleks kilang dan jauh dari pemukiman masyarakat.


Kilang Cilacap sebagai satu diantara 6 Kilang Pertamina, dan kemampuan pemrosesan 270 ribu barel setiap hari. Kilang ini mempunyai sekitaran 200 bak untuk memuat crude yang hendak diproses, gas dan BBM hasil pemrosesan minyak mentah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama