Tangki Pertalite di Kilang Cilacap Terbakar, Ahok: Sedang Ditangani



Komisaris Khusus PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengonfirmasi terbakarnya bak 36T102 berisi Pertalite di Kilang Cilacap, Jawa tengah. Kebakaran terjadi pada Sabtu malam, 13 November 2021.


"Sedang diatasi," kata Ahok ke Tempo lewat pesan pendek.


Ahok melanjutkan laporan berbentuk pesan text dari management Pertamina ke Tempo. Dalam laporan itu dipastikan jika operasi kilang masih tetap jalan normal. Petugas di atas lapangan sudah mentransfer isi produk di bak 36T102 untuk pastikan keperluan terpenuhi.


Secara paralel, petugas lakukan pemisahan dan berusaha semaksimal kemungkinan mematikan api. Adapun kebakaran berjalan pada jam 19.15 WIB dan sampai sekarang belum padam.


Saat kejadian kebakaran, bak terdaftar berisi Pertalite dengan volume optimal 39 ribu kiloliter. Kebakaran terjadi saat hujan deras dituruti petir. Meskipun begitu, pemicu kebakaran belumlah diketahui.


Team di atas lapangan, berdasar laporan management, terus lakukan pendinginan. Pendinginan dilaksanakan di bak terimbas kebakaran. Petugas menghidupkan water sprinkle untuk mendinginkan api.


Kebakaran yang serupa di Kilang Cilacap terjadi 5 bulan kemarin. Waktu itu salah satunya bak yang berisi benzene dilahap api.


Adapun kilang Cilacap sebagai satu dari 6 Kilang Pertamina. Kilang ini mempunyai kemampuan pemrosesan 270 ribu barel setiap hari. Kilang mempunyai sekitaran 200 bak untuk memuat crude yang hendak diproses, gas, dan BBM hasil pemrosesan minyak mentah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama