Luhut Panjaitan Tanggapi Pelaporan Soal Dugaan Bisnis PCR

Menko Bidang kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal dugaan bisnis tes PCR. Sebuah lembaga swadaya Masyaratkat (LSM) ProDemkrasi berencana melaprkan Luhut soal dugaan bisnis PCR itu ke Polda Metro Jaya.

Menanggapi hal itu, Luhut menyatakan siap diaudit. "saya sudah bilang diaudit saja segera". Ujarnya di polda Metro Jaya pada senin, 15 November 2021.

Rencananya ProDem akan membuat laporan pada senin siang pukul 13.00 WIB di polda Metro. Luhut tak ambil Pusing soal tersebut. ia menyinggung soal tudingan terhadap dirinya dalam konteks bisnis PCR harus dilandasi dengan data.

"Kita Juga harus belajar untuk berbicara itu dengan data. Jangan pakai perasaan atau rumor. itu kan kampungan kalau orang bicara katanya. Hanya Untuk mencari popularitas. paling diaudit selesai, kata luhut.

Rencana pelaporam ProDem terhadap Luhut Pandjaitan sebelum beredar melalaui agenad laporan yang beredar di kalangan media. Selain Luhut, ProDem juga akan melaporkan Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Selanjutnya ProDem menduga Luhut dan Erick Thohir Melanggar UU Nomor 28 Tahun 1999.

 Keduanya diduga melangar Pasal 5 Angka 4 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan Nepotisme.

Sebelumnya, ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) indonesia Muhammad Arsjad Rasjid angkat bicara soal pelemik bisnis tes usap PCR beberapa waktu terakhir. salah satunya mengenai keterlibatan Menkomarinves Luhut Binsar Pandjaitan dalam bisnis tersebut.

Arsjad memebenarkan bahwa dia menggagas pembentukan PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) pada April 2020. Perusahaan ini menjalankan unit bisnis GSI Lab yang bergerak di bidang layanan tes usap PCR dan antigen.

Sebab, PT Toba Sejahtera dan PT Toba Bumi Energi, tercatat  mengempit saham di GSI. kedua perusahaan ini terafiliasi dengan luhut. Walhasil, keterlibatan Luhut di bisnis PCR pun ramai di publik. Arsjad lantas menjelaskan bahwa luhut terlibat setelah dirinya mengajak sejumlah kolega bisnis untuk ikut serta.

Juru bicara menteri kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi telah menjelaskan soal keterlibatan luhut di GSI ini. ia mengatakan GSI adalah bentuk solidaritas sosial untuk membantu menyediakan tes covid-19 dalam jumlah besar.

Sejak GSI berdiri pada April 2020, ia mengatakan tak pernah ada pembagian keuntungan kepada pemegang saham. " partisipasi Pak Luhut untuk membantu penanganan pada awal pandemi," kata dia

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama