Kebakaran Tangki Kilang Pertamina di Cilacap, 80 Warga Dievakuasi



PT Pertamina mengevakuasi 80 masyarakat dari sekitaran lokasi bak Kilang Cilacap, Jawa tengah, yang terbakar di hari ini, Sabtu (13/11).


"Untuk pastikan warga pada keadaan aman, Pertamina cepat kerjakan penyelamatan sekitaran 80 masyarakat dari Kelurahan Lomanis ke arah tempat evakuasi sementara di Aula Kelurahan Lomanis dan Mushola Baitul Munir, Lomanis," kata Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, dalam pengakuan resminya.


Dalam pada itu, Pertamina masih berusaha mematikan api memakai defensive fire fighting dengan fire truck dan hydrant serts pendinginan di tempat sekitaran bak yang terbakar.


Kebakaran ini terjadi di salah satunya bak berisi produk Pertalite start pukul 19.20 WIB. Sampai sekarang, perusahaan belum ketahui dengan cara tepat pemicu kebakaran.


Meskipun begitu, perusahaan pastikan suplai BBM dan Elpiji ke warga pada keadaan aman dan tidak alami masalah.


Ini bukanlah pertama kali tempat Kilang Cilacap kebakaran. Pada Juni lalu, kebakaran menyantap sekitar lingkungan bak.


Kejadian itu terjadi di tempat pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap. Kebakaran yang terjadi di bundwill bak 39T-205 itu sukses dikontrol lebih kurang satu jam sesudah peristiwa.


Tetapi, pada periode pendinginan bak 39T-205, ada satu titik api di pipa aliran keluar bak 39T-203. Titik api itu pada akhirnya bisa dipadamkan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama