PENELITY MENYEBUTKAN "TIDUR JAM 10 MALAM PALING SEHAT UNTUK JANTUNG"

Sebuah Penilitian Universitas Exeter kepada lebih dari 88 ribu orang mengungkapkan bahwa waktu tidur antara pukul 10-11 malam adalah waktu yang paling optimal dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung

penelitian tersebut digelar pada tahun 2006 hingga 2010. Hasilnya, tertidur setelah malam dikaitkan dengan kemungkinan 25 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung, sementara mereka yang tidur sebelum jam 10 malam juga memiliki resiko 12 persen lebih tinggi.

Sebaiknya, responden yang paling sedikit mengalami masalah jantung tidur antara pukul 10-11 malam.

Menurut penelitian david plans, tubuh memeiliki jam siklus 24 jam yang dikenal dengan ritme sirkadian. Ritme ini terkait dengan waktu kerja organ-organ tubuh dan membantu mengatur fungsi fisik dan mental. Misalnya saja, hati atau liver yang "bekerja" pada pukul 2-4 dini hari untuk membersihkan tubuh dari racun.

"Meskipun kami tidak dapat menyimpilkan penyebab dari penelitian kami, hasilnya menunjukan bahwa waktu tidur lebih awal atau lebih lambat mungkin menggangu jam tubuh, dengan konsekuensi buruk bagi kesehatan jantung" kata Plants.

"Waktu paling beresiko adalah setelah tengah malam, berpotensi karena dapat mengurangi kemungkinan melihat cahaya pagi, yang mengatur ulang jam tubuh,"tutur dia"

Namun, Sammy Margo, ahli fisioterapi dan ahli tidur mengatakan kepada  HuffPost UK bahwa tidak ada waktu tidur yang ideal karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

"Tapi, sebenarnya yang disarankan oleh penelitian, dan ini adalah penelitian yang benar-benar besar, waktu yang ideal mungkin adalah jam 10 malam," kata Margo.

Namun, ia menegaskan yang paling penting dalam hal tidur adalah konsitensi.

"Ada banyak hal tentang tidur yang tidak kita ketahui, tetapi kita tahu bahwa di zaman modern, enam hinga delapan jam waktu yang optimal . Jadi kalau kamu tidur jam 10 malam, berati kamu bangun jam 6 pagi atau sedikit lebih kambat," kata margo.

Namun ini tidak berlaku untuk semua orang karena beberapa orang bangun pagi dan yang lainya tidak. Manusia menyukai ritme dan rutinitas, jadi tidur secara teratur setiap malam adalah hal yang sangat penting.

ia kemudian menyatakan tidur berlebihan sama buruknya dengan kurang tidur sehingga dianjurkan untuk menemukan waktu yang optimal untuk menghasilkan kualitas tidur yang baik.

Sementara itu Andrew Baghsaw, salah satu direktur pusat kesehatan otak manusia universitas birmingham mengaku setuju, tapi memberikan beberapa catatan.

"ini bervariasi antara orang-orang, tetapi kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara enam jam sampai sembilan jam tidur per malam, dengan rata-rata sekitar delapan jam." ungkap bagshaw.

Terpenting, kata dia ada dua hal yang harus di ingat mengenai waktu tidur.

" Salah satunya adalah mendapatkan jumlah tidur yang anda butuhkan. kemudian, jika jumlah jam tidur anda kurang dari yang anda butuhkan, Anda akan menderita konsekuensi : Penurunan fungsi kognitif, regulasi emosi yang buruk, resiko lebih tinggi, diabetes dan masalah kordiovaskular," ungkap Bagshaw.

Sumber Detik

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama